Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poliklinik Rawat Jalan Hiv/Aids Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Tahun 2023

Dearmalina Sariyunita Saragih, 2219201189 Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poliklinik Rawat Jalan Hiv/Aids Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Tahun 2023. [Skripsi]

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1-5.pdf] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan data WHO menunjukkan bahwa 5,7 hingga 8,4 juta orang meninggal disebabkan oleh rendahnya kualitas pelayanan kesehatan setiap tahunnya di Negara berpenghasilan rendah dan menengah, yang mewakili hingga 15% dari total kematian di Negara ini. Pasien dalam kondisi membutuhkan perawatan kesehatan 60% terjadi kematian akibat kualitas pelayanan yang buruk dan 40% kematian disebabkan kurangnya pemanfaatan sistem pelayanan kesehatan terutama di Negara berpendapatan rendah dan menengah (WHO, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poliklinik Rawat Jalan HIV/AIDS Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Tahun 2023.
Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada sampel 41 bidan. Untuk mengukur karakteristik responden digunakan form pengumpulan data, untuk mengukur kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasaan responden digunakan kuesioner.
Berdasarkan hubungan hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien didapat nilai p sebesar 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan karakterisitik bidan seperti hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien Poliklinik Rawat Jalan HIV/AIDS Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Tahun 2023. Dengan demikian Ho ditolak, kekuatan korelasi (r) = 0,008.
Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien kategori tidak puas. Disarankan agar banyak memberikan kebijakan melalui program-program yang terbaik dalam kulaitas pelayanan kesehatan khusunya dalam hal tingkat kepuasan di Poliklinik Rawat Jalan HIV/AIDS Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Kata

Kunci : Kualiatas pelayanan, Tingkat kepuasan

Item Type: Skripsi
Subjects: Midwifery
Divisions: Prodi Kebidanan Program Sarjana
Depositing User: Rohasianti Sagala A.Md
Date Deposited: 28 May 2025 09:13
Last Modified: 28 May 2025 09:13
URI: https://repository.mitrahusada.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item