Kiki Wahyuni, 2319201296 Hubungan Komunikasi Bidan Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Pada Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Gebang Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024. [Skripsi]
![[thumbnail of cover.pdf]](https://repository.mitrahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (577kB)
![[thumbnail of bab 1-5.pdf]](https://repository.mitrahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (452kB)
![[thumbnail of daftar pustaka.pdf]](https://repository.mitrahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka.pdf
Download (887kB)
Abstract
Latar Belakang Komunikasi yang baik antara bidan dan ibu hamil sangat mempengaruhi kepuasan ibu dalam menerima pelayanan kesehatan dari bidan, sehingga terbangun rasa saling percaya antara bidan dan ibu hamil. Rasa saling percaya ini akan berdampak pada perubahan sikap baik bagi pemberi layanan maupun penerima layanan. proporsi pemeriksaan kehamilan di Provinsi Sumatera Utara sebesar 92,4%, sedangkan yang tidak memeriksakan kehamilan sebesar 7,6%. Angka cakupan ANC K1 di Provinsi Sumatera Utara sebesar 90,0% sedangkan ANC K4 sebesar 85,9%. Hal ini menunjukkan cakupan ANC di Provinsi Sumatera Utara masih rendah karena target ANC nasional adalah 95%. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, informasi mengenai apa yang ingin diketahui diperiksa dengan menggunakan data numerik melalui survei retrospektif. Melakukan survei retrospektif merupakan salah satu metode pengumpulan data historis. Penelitian ini menggunakan strategi cross-sectional. Sampel pada penelitian mendalam ini adalah seluruh Bidan di wilayah kerja Puskesmas Gebang yang berjumlah 40 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Dari hasil uji statistik diperoleh p.value = 0,004 dan α = 0,05, dimana nilai P.value (0,004) < α (0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara komunikasi bidan dengan kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care di Puskesmas. Gebang Kabupaten Langkat pada tahun 2024. Bidan diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik dengan pasien dengan mengikuti pelatihan metode komunikasi yang efektif sehingga pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Komunikasi, Bidan, Pelayanan Antenatal
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Midwifery |
Divisions: | Prodi Kebidanan Program Sarjana |
Depositing User: | Rohasianti Sagala A.Md |
Date Deposited: | 15 May 2025 08:05 |
Last Modified: | 15 May 2025 08:05 |
URI: | https://repository.mitrahusada.ac.id/id/eprint/144 |