Susi Wahyuni, 2119201677 Hubungan Dimensi Mutu Tangible Pelayanan Antenatal Care Dengan Kepuasaan Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Belang Rakat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2022. [Skripsi]
![[thumbnail of cover.pdf]](https://repository.mitrahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf
Download (850kB)
![[thumbnail of bab 1-5.pdf]](https://repository.mitrahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (752kB)
![[thumbnail of daftar pustaka.pdf]](https://repository.mitrahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam era globalisasi, kualitas pelayanan merupakan cara untuk mencapai superioritas yang kompetitif; faktor penentu kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Perguruan tinggi yang terus beradaptasi muncul karena perubahan global yang sangat cepat. Menurut teori lain yang ditulis oleh Wilson, kepuasan atau ketidakpuasan adalah hasil evaluasi pelanggan atas respons produk, yaitu seberapa sesuai pelanggan dengan harapan kinerja produk tersebut setelah memakainya. Tahun 2022 adalah tahun keenam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia. Dalam hal kepuasan, tingkat perasaan pasien saat ini dibandingkan dengan harapan mereka. Pasien yang merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh barang atau jasanya akan tetap menjadi pelanggan. Tingkat pengetahuan ibu yang rendah dan frekuensi pemeriksaan antenatal care yang tidak teratur adalah salah satu penyebab tidak langsung tingginya angka kematian ibu dan bayi. Antenatal care adalah perawatan yang diberikan kepada ibu hamil secara rutin untuk memastikan bahwa ia dan bayinya tetap sehat. Perawatan Ante Natal yang memadai dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap bidan dan Puskesmas Dalam hal kepuasan, tingkat perasaan pasien saat ini dibandingkan dengan harapan mereka. Pasien yang merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh barang atau jasanya akan tetap menjadi pelanggan. Tingkat pengetahuan ibu yang rendah dan frekuensi pemeriksaan antenatal care yang tidak teratur adalah salah satu penyebab tidak langsung tingginya angka kematian ibu dan bayi. Antenatal care adalah perawatan yang diberikan kepada Ibu secara rutin untuk memastikan bahwa ia dan bayinya tetap sehat. Perawatan Ante Natal yang memadai dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap bidan dan Puskesmas.TUJUAN mengukur Hubungan Dimensi Mutu Tangiable Pelayanan Antenatal Care Dengan Kepuasan Ibu Hamil Trisemester III di Wilayah Kerja Puskesmas Belang Rakat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2022 METODE uji chi square p value < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima hasil uji statistic adanya hubungan signitifikan. HASIL Tangible (Berwujud atau Bukti Fisik), mayoritas memiliki tingkat kepuasaan Sangat Puas sebanyak 51 orang (55,4%), dan Minoritas memiliki tingkat kepuasaan Kurang Puas sebanyak 2 orang (2,2 %). Hasil uji statistik chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Kepuasaan Ibu Hamil Trimester III di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas.
Kata Kunci: Dimensi Mutu, Tangiable, Antenatalcare, Kepuasan, Ibu Hamil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Midwifery |
Divisions: | Prodi Kebidanan Program Sarjana |
Depositing User: | Rohasianti Sagala A.Md |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:54 |
URI: | https://repository.mitrahusada.ac.id/id/eprint/236 |